KETENTUAN PENULISAN ARTIKEL

 

 
   
  1. Artikel yang ditulis dan dikirm merupakan karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan yang memuat hasil penelitian atau telaah pustaka dalam bidang pendidikan, kebahasaan, kesastraan, atau kebudayaan dan belum pernah dimuat atau dipublikasikan pada jurnal lain.
  2. Naskah diketik dengan program Microsoft Word; huruf Time New Roman ukuran 12 pt.; pada kertas ukuran A4 dengan spasi 1,5; dan panjang artikel sekitar 10-20 halaman.
  3. Judul artikel jurnal ditulis dengan huruf kapital secara singkat, jelas, informatif, mengandung kata kunci, dan diposisikan pada tengah atas halaman; sedangkan sub judul ditulis mulai margin kiri lurus tanpa menggunakan angka penomoran. Sub-sub judul dibedakan peringkat hurufnya dan dicetak tebal.
  4. Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar akademik, ditempatkan di bawah judul artikel, di bawahnya ditulis namalengkap asal lembaga penulis dan alamat korespondensi (e-mail).
  5. Jika naskah ditulis oleh tim, maka semua nama anggota tim harus ditulis, tetapi penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya di urutan pertama.
  6. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara baik, benar, dan santun dengan format esai; serta berpedoman pada tata tulis Ejaan Bahasa Indonesia.
  7. Artikel ditulis dengan sistimatika sebagai berikut: Judul, nama penulis, alamat lembaga dan alamat korespodensi (e-mail); Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (100-120 kata berisi intisari seluruh artikel berupa tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan utama); Kata kunci; Pendahuluan (berisi masalah penelitian, situasi ilmiah dewasa ini, dapat mengacu pustaka yang menjadi landasan penelitian); Metode; Hasil dan pembahasan (diperkuat teori atau temuan penelitian yang relevan); Penutup; Daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  8. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka terbitan mutakhir (sepuluh tahun terakhir) dan diutamakan pustaka primer (artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah, atau laporan penelitian, termasuk tesis dan disertasi)
  9. Perujukan atau pengutipan dalam artikel menggunakan teknik bodynote atau rujukan berkurung dan langsung disertai penyebutan nama penulis, tahun, dan halaman. Misalnya seperti diuraikan di bawah ini.
  10. Leo (2017: 43-45) mengatakan bahwa …
  11. Telah dibuktikan (Nurhadi, 2017: 1-5) bahwa …
  12. … seperti dinyatakan oleh Stein (Romli, 2014: v) di mana terjadi suatu peristiwa, wartawan akan berada di sana untuk …
  13. Daftar pustaka ditulis secara elfabetis dan kronologis, tidak diberi nomor, dan ditulis berdasarkan pedoman, sebagai berikut:
  1. Buku: Nama penulis (jika nama lebih dari satu kata, maka diambil entri terakir, tahun terbit, judul buku (cetak miring), kota penerbit, dan penerbit.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Madah University Press.

  1. Artikel Jurnal: Nama penulis, tahun terbit, judul (diapit tanda kutip), nama jurnal (cetak miring), volume atau nomor, dan halaman, tempat terbit, dan nama penerbit.

Prasetyo, Arif Bagus. 2013. “Metakritik Untik Subagio Sastrowardoyo”. Poetika., Vol. 1 No. 2, Desember 2013. Pp. 119-137. UGM: Program Studi S2 Ilmu Sastra.

 

  1. Internet: Nama penulis, tahun, judul (diapit tanda kutip), situs, tanggal pengaksesan.

Mueller, J. 2008. “Authentic Assessment Toolbox”. North Central College, Naperville http://jonathan.mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.htm. (Diakses tanggal 17 Januari 2018).

  1. Artikel jurnal dikirim dalam format attacment (lampiran) ke email: jurnalproliterapbsi@gmail.com
  2. Artikel jurnal dikirim ke dewan penyunting dengan ketentuan, (1) dapat diterima tanpa perbaikan, (diperbaiki dan dipertimbangkan kembali dalam rapat Dewan Penyunting, dan (3) dapat dikembalikan karena kurang memenuhi syarat dan ketentuan gaya selingkung Jurnal Prolitera.