Jurnal "Prolitera" merupakan Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Santu Paulus Ruteng. Jurnal ini diterbitkan dua volume dalam satu tahun, yakni Edisi Juli dan Edisi Januari. Jurnal Prolitera yang sekarang dihadapan pembaca merupakan perdana dengan keterangan Volume I, Nomor 1, Juli 2018, sekalitus ingin mendapat predikat “Terdaftar” sebagai sarana komunikasi ilmiah bagi para ilmuwan, baik lokal, nasional, maupun internasional.

Jurnal Prolitera hadir di hadapan Anda dengan tampilan wajah dalam format dengan ukuran sesuai dengan aturan jurnal terakreditasi. Jurnal ini memuat berbagai hasil penelitian dan pikiran kritis-ilmiah para akademisi tentang teori, konsep, praktik pendidikan, kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan. Naskah yang dimuat dalam jurnal Prolitera, disajikan baik dalam bahasa Indonesia, maupun bahasa asing (termasuk abstraknya).

Prolitera terbitan perdana ini menampilkan sepuluh artikel berbahasa Indonesia bernuansa pendidikan, kebahasaan, sastra, dan linguistik kebudayaan. Kesepuluh artikel dalam Jurnal Prolitera ini merupakan hasil penyuntingan oleh para penyunting dan redaktur jurnal. Keterlibatan penyunting dalam jurnal Prolitera kiranya dapat memberikan kepuasan, baik bagi para penulis maupun pembaca yang memanfaatkan sarana ilmiah ini.

Sembari mengembangkan kualitas, setiap penerbitan Prolitera volume mendatang akan melibatkan mitra bestari dari berbagai perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di Indonesia. Tim penyunting menyadari bahwa Prolitera Volume I-Nomor 1, Juli 2018 ini masih jauh dari harapan sebuah jurnal yang terakreditasi. Karena itu, tim penyunting tetap menjaga konsistensi dan gaya selingkung, serta mengikuti kaidah-kaidah umum Jurnal terakreditasi agar kelak Jurnal Prolitera menjadi media komunikasi ilmiah yang baik dan terpercaya. 

Para penulis dan peneliti yang ingin menyumbangkan hasil kajian dan penelitian lewat media Jurnal Prolitera ini, dianjurkan agar mengikuti gaya selingkung Prolitera, Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Santu Paulus Ruteng.

 

Penyunting